Rumah Tropis Modern Dengan Ruang Olahraga

Arsitek: Triplus
Lokasi: Pesanggrahan, Jakarta
Luas Tanah: 18 m x 15 m

Pengasuh rubrik Rancang Bangun, saya mempunyai tanah dengan luasan 18 x 15 m2 dan ingin didesainkan rumah tropis modern dengan empat kamar plus satu kamar pembantu yang muat untuk dua orang. Selain itu saya butuh carport yang lebar sehingga cukup memuat sampai tiga mobil. Ruang keluarga sebagai tempat berkumpul yang luas dan ada area untuk olahraga (gym) yang luas serta taman di belakang. Terimakasih atas sarannya.

Solusi Desain

Kami mengucapkan terima kasih untuk kepercayaan Anda pada jasa konsultasi rancang bangun yang kami asuh ini. Pak Andi di Pesanggrahan memiliki lahan yang cukup luas untuk diolah dengan optimal sesuai kebutuhan keluarga. Besar lahan berdimensi lebar 18 m dan panjang ke belakang 15 m ini, kami rancang hunian berupa bangunan dua lantai seluas total 332,73 m2.

Penampilan desain fasad bermain dengan garis-garis tegas dan bersih dari detail yang rumit. Bagian bangunan di lantai dua yang menjorok ke luar diberi lapisan dinding dari batu travertine yang mengilap. Teksturnya licin dan bergurat horizontal serta berwarna kekuningan memberi aksentuasi menarik. Kisi-kisi vertikal di bagian tengah yang menutup bagian jendela dikomposisikan secara acak untuk menghadirkan karakter dinamis. Material kisi-kisi berupa papan fiber semen (GRC) dengan tekstur kayu berwarna cokelat tua.

Sisi dinding bagian muka bangunan lainnya memakai batuan tempel dan teknik semen kamprotan untuk menampilkan warna yang lebih gelap dan tekstur agak kasar. Material pagar dirancang senada fasad rumah dengan susunan batu alam kecil-kecil. Pagar dibagi dua segmen, yaitu pintu kecil menuju pintu masuk utama dan pintu bagi mobil menuju carport.

Halaman di depan dan belakang yang melebar diolah untuk area natural sebagai taman agar hunian senantiasa sejuk, asri dan nyaman bagi seluruh keluarga.

Lantai 1

Kebutuhan carport yang luas untuk menampung dua mobil dan beberapa kendaraan roda dua, ditempatkan di sisi samping depan rumah. Pintu masuk utama bersisian langsung dengan carport. Ruang tamu ditempatkan bersebelahan dengan toilet tamu. Dibelakang ruang tamu terapat ruang makan yang dilengkapi pantry.

Denah Lantai 1

Pantry memiliki akses ke area servis di sampingnya yang terdiri dari dapur kotor, kamar pembantu dan toilet juga ruang cuci. Dari lantai bawah terdapat tangga servis menuju ruang jemur di atas dan sebuah kamar pembantu lain yang memuat dua tempat tidur.

Aksonometri Lantai 1

Ruang keluarga menempati area tengah bangunan. Dirancang cukup luas dengan pandangan langsung ke teras dan halaman belakang. Sebuah area belajar tersedia di sebelah ruang keluarga dilengkapi rak buku. Kedua ruang itu diposisikan menghadap ke sisi depan hunian. Area teras yang berada tepat di depan kedua ruang dibatasi kisi-kisi kayu sehingga area privat keluarga ini lebih terlindungi dari pandangan luar. Di sebelah ruang belajar ditempatkan kamar tidur tamu yang dilengkapi toilet pribadi dan walk-in-closet. Daerah tempat tidur memiliki pandangan langsung dan akses pintu menuju teras belakang.

Lantai 2

Denah Lantai 2

Lantai atas difokuskan untuk area privat penghuni. Kamar tidur utama lengkap dengan toilet dan walk-in closet menempati area terluas di sisi samping. Terdapat dua kamar tidur anak dengan dua kamar mandi terpisah di sisi lainnya. Akses pintu kamar mandi ada yang menghadap ke luar dan ada yang terintegrasi ke dalam ruang tidur. Di dekat tangga ditempatkan ruang olahraga yang bersisian dengan kamar tidur anak. Area tersebut diberikan dengan jendela besar untuk optimalisasi cahaya matahari alami dan pandangan ke luar yang luas. Ruang di sisi void tangga difungsikan untuk area berkumpul dan meja kerja dengan akses pintu menuju balkon depan.

Aksonometri Lantai 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>