Rumah Alami dengan Beranda

Arsitek: Triplus
Lokasi: -
Luas Tanah: 11 m x 34 m

Saya ingin membangun rumah dengan model yang lagi tren. Lahan yang dimiliki lebarnya 11 meter dan panjangnya 34 meter. Kebutuhan ruangnya, satu garasi atau carport, taman, 1 kamar tamu, 2 kamar anak, dan 1 kamar utama dengan tiap kamar memiliki toilet masing-masing. Saya juga membutuhkan dapur, ruang makan, kamar mandi, ruang cuci dan gudang. Demikian dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimah kasih. Salam sukses Triplus.

Solusi Desain

Terima kasih Pak Bayu atas perhatiannya pada rubrik yang kami asuh. Kami menilai lahan yang bapak miliki dengan lebar 11 m dan panjang 34 m cukup potensial dikembangkan menjadi sebuah rumah tinggal yang unik dan trendi seperti yang diinginkan. Disamping model, faktor terpenting dari rumah adalah terpenuhinya kebutuhan ruang dan kenyamanan untuk dihuni.

Alami

Untuk fasad bangunan kita coba merancang dengan mengedepankan konsep alami. Komposisi tampilan modern yang terlihat dari tarikan garis kuat dari bidang-bidang yang tercipta dibalut dengan material batu bata ekspos. Desain pagar depan rumah dirancang tidak terlalu tinggi agar tidak menutupi fasad bangunan secara total. Susunan batang-batang kayu diekspos pada bidang pagar dilengkapi oleh elemen hijau dari tanaman dapat menimbulkan kesan alami pada muka rumah.

 

Beranda

Beranda depan rumah kami rancang cukup luas dengan partisi tanaman rambat sebagai dekorasi yang membuat kesan teduh. Di sisi beranda terdapat kolam air dangkal yang memanjang hingga batas area carport. Dua buah mobil dapat ditampung di carport/garasi terbuka.

Dari beranda kita diarahkan masuk ke ruang tamu yang fungsional dengan bukaan jendela yang besar. Bergerak masuk lebih ke dalam akan ditemui ruang keluarga dan posisi kamar tidur tamu dan dua kamar anak yang diatur di sisi samping. Dua kamar mandi dalam dipusatkan pada satu area untuk memudahkan pemipaan.

Terdapat taman kering diantara dua kamar tidur anak dan bersebelahan dengan ruang makan. Area dapur berada di sisi samping ruang makan yang dapat diakses dari area carport. Terdapat taman kering juga di sebelah dapur dan ruang tengah untuk membaca-baca. Taman dalam berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara dan cahaya alami masuk ke ruangan.

Pada area belakang rumah kami tempatkan ruang keluarga dengan view mengarah ke tama. Pintu kaca di ruang keluarga dapat dibuka maksimal ke arah teras yang cukup luas. Kamar tidur utama yang dilengkapi kamar mandi juga kami tempatkan di belakang dengan pandangan mengarah ke taman. Pengolahan lahan belakang yang tersisa dapat dimaksimalkan sebagai penghijauan yang tentunya berfungsi untuk daerah resapan air yang baik dan juga sebagai elemen visual bagi bangunan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>