Renovasi Rumah Agar Aman dan Nyaman

Arsitek: Triplus
Lokasi: Pekanbaru
Luas Tanah: 10 m x 12 m

Saya seorang PNS di Pekanbaru, Riau. Saya ingin meminta bantuan tim rubrik Rancang Bangun untuk memberikan saran yang bisa saya gunakan untuk merenovasi rumah saya. Saya memiliki rumah satu lantai di atas tanah 10 x 12 m2 di Pekanbaru. Sesuai dengan denah yang saya berikan, rumah idaman saya terdiri dari dua lantai. Lantai 1 terdiri dari taman samping, taman depan, ruang tamu, kamar tidur utama, kamar tidur tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan taman belakang. Lantai 2 terdiri dari ruang baca, teras depan, dua kamar anak dan kamar mandi. Saya menginginkan konsep minimalis dengan banyak bukaan karena memang lahan tidak begitu luas. Bagaimana agar sirkulasi udara, konsep pencahayaan, dan keamanan tetap terjaga baik? Hal ini sangat penting karena disamping kanan rumah saya telah berdiri rumah dua lantai, Keamanan di Pekanbaru sangat penting. Umumnya rumah diberi teralis besi. Udara di kota juga sangat panas. Bagaimana caranya membangun rumah sesuai dengan keinginan tanpa merombak total rumah lama agar biaya renovasi efisien? Harga material dan tukang untuk membangun rumah di Pekanbaru lumayan mahal. Terima kasih. Fahriyani, Pekanbaru

Solusi Desain

Tampak Rumah Awal

Ibu Fahriyani di Pekanbaru, kami ucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan ibu terhadap rubrik ini. Untuk memenuhi permintaan ibu agar bujet renovasi bisa efisien, kami tetap menggunakan grid atau struktur bangunan yang lama. Namun, pengaturan ruang perlu ditata ulang agar fungsi yang ibu butuhkan dapat terakomodasi dan berkesinambungan.

Kami mengusulkan tema tropis modern untuk tampak depan rumah ibu. Atap miring masih difungsikan sebagai bentuk yang efektif pada wilayah curah hujan tinggi. Bentuk atapnya kami tampilkan lebih modern dan terkesan ramping dari rumah awal. Aksentuasi dan detail bangunan terletak pada permainan kisi-kisi dari berbagai material pada bagian dinding.

Kisi-kisi vertikal juga berfungsi menutupi bagian dinding atau jendela transparan agar tidak tembus pandang oleh orang dari arah luar. Pagar juga kami desain agak solid untuk memberi kesan aman. Bagian tengah pagar dicoak untuk tempat tanaman hijau merambat sehingga terlihat tidak kaku. Disamping menciptakan banyak bukaan di dalam rumah, pengolahan lansekap yang baik juga dapat mendukung terciptanya iklim mikro lingkungan yang lebih sejuk.

Lantai 1

Agar pemanfaatan ruang lebih efektif, kami sarankan teras depan hunian difungsikan sebagai area ruang duduk tamu semi terbuka. Lalu menuju pintu masuk utama bertemu langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan yang tidak terpisah oleh sekat. Ruang makan dapat diperluas sampai teras belakang dengan hadirnya pintu lipat kaca yang fleksibel. Halaman sempit belakang yang memanjang dapat diisi dengan taman rumput hijau dan air mancur dinding serta kolam. Fitur air akan menambah kesejukan di halaman rumah.

Kamar tidur tamu terdapat di sisi depan hunian di samping pintu masuk. Agar pencahayaan dan pengudaraan maksimal, diletakkan jendela di kedua sisi sudut kamar dengan view halaman depan dan samping. Toilet bagi tamu juga tersedia terpisah dengan kamar tidur tamu. Berjajar di bagian belakang terdapat kamar tidur utama (4 x 5 m2) termasuk kamar mandi di dalam.

Area servis berupa dapur berada di lantai satu, dapat diakses dari pintu samping di belakang carport. Dari dapur terdapat pintu menuju ruang makan dan tangga menuju lantai dua. Area di bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai gudang dengan akses pintu dari teras belakang.

Lantai 2

Di lantai dua kami sediakan ruang baca persis di muka tangga. Area ini juga multifungsi sebagai area santai dengan bonus balkon yang cukup luas ke arah depan rumah. Dua kamar tidur anak terletak di lantai ini dengan sebuah kamar mandi luar yang bersisian dengan area cuci dan jemur pakaian. Kamar mandi dan tempat mencuci diusahakan satu garis dengan kamar mandi bawah untuk memudahkan pemipaan. Dari tampak luar, area jemur di lantai atas dihadirkan dengan dinding massif berlapis batu alam warna abu-abu kehitaman. Halimatussadiyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>