Rumah Mezanin Hijau dan Nyaman

Arsitek: Triplus
Lokasi: Cirebon
Luas Bangunan: 200 m2
Luas Tanah: 12 m x 25 m

Dear Ibu Martha dan Ibu Marlina, Saya mempunyai sebidang tanah di Cirebon dengan lebar 12 m dan panjang 25 m. Rencananya saya ingin membangun rumah dua lantai plus lantai mezanin dengan luas maksimal 200 m2. Karena di kota itu panas sekali, saya menginginkan bangunan dengan jendela yang tinggi dan lebar. Mohon saya dibuatkan denahnya dengan jendela besar. Berikut ruang-ruang yang saya inginkan. Lantai satu ada ruang tamu, ruang tidur tamu, kamar mandi tamu, ruang keluarga yang bisa menampung 15 orang, ruang tidur, dan kamar mandi pembantu, dapur kotor atau ruang servis, gudang, garasi untuk satu mobil. Lantai mezanin ada dapur bersih, ruang makan, ruang
santai. Lantai dua ada kamar tidur utama + walk in closet + kmr mandi di dalam, ditambah dua kamar tidur anak, kamar mandi umum, ruang keluarga. Terima kasih. Sarah Pramana, Malang

Terimakasih kami haturkan atas kepercayaan Ibu Sarah kepada rubrik yang kami asuh. Lahan Anda cukup luas untuk diolah sesuai dengan kebutuhan yang disampaikan. Bahkan, dengan batas luas bangunan 200 m2 yang diinginkan, masih tersisa lahan hijau yang dapat dioptimalkan menjadi taman yang asri.

Lantai Satu

Aksonometri Lantai 1

Pada lantai ini ditempatkan carport terbuka dan garasi yang bisa memuat dua mobil. Ada juga kolam mungil mengelilingi teras depan guna menghadirkan efek gemericik air yang menyejukkan. Ruang tamu dibatasi partisi semi masif dengan ruang keluarga yang posisinya tepat di area tengah bangunan. Sebuah kamar tidur tamu dan toilet tamu juga terdapat di lantai ini. Area servis terdiri dari garasi, dapur kotor, kamar tidur pembantu, toilet pembantu dan area servis. Semuanya memanjang di sisi hunian.

Lantai Mezanin

Aksonometri Lantai Mezanin

Pada level ini ruang dapur bersih (pantry) menyatu dengan area makan dan ruang duduk tanpa sekat. Lantai mezanin juga dapat berfungsi sebagai ruang tambahan untuk area keluarga, terutama untuk menampung jumlah tamu yang bervariasi.

Lantai Dua

Aksonometri Lantai 2

Seluruh area privat berada di tingkat paling atas ini. Kamar tidur utama dilengkapi dengan walk in closet dan toilet pribadi. Pada sisi ruang keluarga yang berbatasan dengan balkon, ditempatkan dua kamar tidur anak berikut toilet.

Secara keseluruhan tema dari desain hunian Ibu masih bernafas modern. Ini nampak dari permainan elemen persegi dari massa bangunan. Detail yang tegas hadir dari penggunaan besi profil H di area pagar depan dan sebagian pada fasad hunian. Detail lain pada fasad adalah penggunaan teknik semen dengan tekstur horisontal untuk menghasilkan tampilan bergaris. Pilihan lain adalah dengan menggunakan batu andesit yang juga bertekstur horisontal.

(ki-ka) Denah lantai 1, denah mezanin, denah lantai 2

Untuk melembutkan kekuatan elemen warna abu-abu monokrom dari komposisi material fasad, kami letakkan penghijauan yang rindang di area pagar depan. Rumah Anda dilengkapi dengan banyak jendela di setiap ruangan. Keuntungan memiliki banyak jendela dengan ukuran lebar adalah sirkulasi udara dan cahaya alami lebih lancar. Di siang hari tentunya tak perlu lagi lampu untuk penerangan sehingga jadi hemat listrik. Rumah Anda pun makin nyaman secara alami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>