Hanging Garden House

Karya: Bayu Prayudhi
Asal Kampus: Institut Teknologi Bandung (ITB)
Luas Tanah: 84,5 m2
Keterangan: Peringkat ke-9 dari 10 Terbaik Sayembara Desain Rumah Ramah Lingkungan 2009

Menerapkan dinding dua lapis dengan penutup tanaman.

Desain rumah karya mahasiswa ITB Bandung ini mengedepankan dua hal utama: penggunaan material yang sustainable dan rancangan bangunan yang memaksimalkan energi serta sumber daya alami. Penghematan energi diterapkan dengan mengoptimalkan bukaan untuk menghindari penggunaan lampu pada siang hari. Bukaan-bukaan juga menciptakan sirkulasi udara alami yang mampu menjaga kenyamanan termal di dalam bangunan.

Pertimbangan penggunaan lahan pada lantai dasar diminimalisasi agar memberi area lebih luas untuk resapan air. Aplikasinya, tepi bangunan dan area carport diperkeras dengan menggunakan grass block yang masih memungkinkan penyerapan air. Total luas lahan yang terpakai sebesar 84,5 m2 (13 m x 6,5 m). Area lantai dasar dirancang agar memberikan ruang untuk publik dan area bermain anak yang luas.

Secondary skin dan lubang udara

Alur aliran udara

Merujuk pada konsepnya, fasad bangunan diberi lapisan kedua (secondary skin) berupa taman vertikal dua lapis (double layer) yang disusun memakai material bambu. Perannya untuk menggantikan area hijau yang diperkeras pada lantai dasar. Secara fungsional susunan tanaman juga mampu menyaring cahaya matahari dan menyuplai oksigen sehingga menambah suasana sejuk di dalam ruangan.

Bagian dinding dan lantai eksterior dihadirkan hanya menggunakan plester beton. Di samping untuk meminimalkan biaya juga memberikan kesan yang lebih alami pada bangunan.

Pengolahan bagian atap rumah juga diperhatikan agar tetap dapat mengalirkan udara. Ditempatkan lubang udara di sepanjang dinding bawah atap. Fungsinya agar udara panas yang terkumpul di bagian atas bangunan bisa keluar dan tergantikan dengan masuknya udara dari luar yang lebih dingin.

Pencahayaan ke dalam rumah

Sementara untuk menambah masuknya cahaya alami ke dalam bangunan, sebagian atap didesain berupa skylight dari material kaca bening. Di bawah kaca dipasang kisi-kisi dari bambu untuk menyaring cahaya matahari berlebihan yang masuk ke dalam ruang pada siang hari.

Tiga lantai

Gambar Tampak

Dilihat dari tampak depannya desain rumah ini seperti bangunan dua lantai. Tetapi sebetulnya bangunan dibagi dalam tiga lantai. Diciptakan sedikit permainan ketinggian plafon di lantai dua sehingga membentuk massa bangunan yang agak terpisah.

Lantai satu diisi dapur, ruang makan, gudang di bawah tangga, toilet serta area servis yang semi terbuka. Lantai dua memuat ruang keluarga dan kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi. Sedangkan lantai tiga dibagi untuk dua kamar tidur anak berjajar dan kamar mandi. Halimatussadiyah

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>