Menyegarkan Rumah Lama

Arsitek: Triplus
Lokasi: Bintaro
Luas Bangunan: 207 m2
Luas Tanah: 180 m2

Rumah Sebelum Renovasi

Thobias Djadji yang sudah memasuki usia kepala enam hendak merenovasi rumah yang sudah dihuninya sejak tahun 90-an di Bintaro, Tangerang, supaya penampilannya kembali segar dengan gaya arsitektur klasik berupa dekorasi bentuk lengkung dan pilar-pilar. Selain itu ia juga ingin memperbaiki kondisi pengudaraan dan pencahayaan rumahnya.

Rumah Setelah Renovasi

Luas rumah 207 m2 dengan kaveling 180 m2. Lantai bawah berisi kamar tidur utama, ruang servis, ruang tamu dan ruang makan. Sedangkan lantai atas terdiri dari tiga kamar tidur dan satu kamar pembantu. Beberapa hal lain yang ingin diwujudkan dalam renovasi adalah:

  1. Memindahkan pintu masuk utama ke bagian tengah
  2. Memperluas ukuran kamar tidur anak di lantai atas
  3. Membuat taman/kolam kecil di belakang rumah
  4. Lansekap di depan rumah
  5. Ruang menjemur pakaian yang memadai dan tidak mengganggu ruangan lain

Solusi Desain

Kamar Tidur Sebelum Renovasi

Kamar Tidur Setelah Renovasi

Rumah lama Pak Thobias sebetulnya dari sisi program ruang sudah cukup memenuhi kebutuhan penghuninya. Hanya masalah pengudaaraan dan pencahayaannya  kurang baik, karena banyak dilakukan penambahan ruang yang tidak direncanakan dengan benar. Untuk itu kami menambahkan banyak bukaan berupa jendela kaca dan skylight. Dalam proyek renovasi ini kami berusaha mempertahankan dinding yang sudah ada (existing).

Teras Belakang Sebelum Renovasi

Teras Belakang Setelah Renovasi

Pengerjaan struktur yang dilakukan berupa penambahan titik-titik pondasi yang diperlukan untuk menopang perluasan ruang kamar tidur di lantai atas. Keseluruhan rangka atap asli dari kayu yang sudah lapuk diganti dengan rangka atap baja ringan. Bahan penutup atap semua diganti dengan genteng keramik baru.

Ruang Tamu dan Ruang Makan Sebelum Renovasi

Ruang Tamu dan Ruang Makan Setelah Renovasi

Nuansa klasik yang diinginkan pemilik diterapkan terutama pada fasad rumah dan sebagian interior. Profil-profil lengkung dihadirkan pada teritisan jendela dan bentuk balkon yang setengah lingkaran. Tambahan pilar atau kolom yang diinginkan pemilik, diwujudkan pada area pintu masuk yang menerus hingga balkon.

Tampilannya dipertegas dengan lapisan batu alam pacito roso dengan warna kuning kecokelatan. Total biaya yang dikeluarkan dalam renovasi ini mulai dari pekerjaan persiapan, pembongkaran, pengerjaan struktur hingga finishing juga penataan lansekap mencapai Rp500 juta.

Denah Sebelum Renovasi

Denah Setelah Renovasi

Lantai Dasar

  • Pintu masuk yang awalnya dari sisi samping dipindahkan ke bagian tengah. Ruang tamu lama diperluas menghabiskan sisa lahan ke arah samping dan difungsikan sebagai ruang keluarga.
  • Kini dari pintu masuk langsung bertemu ruang tamu yang tidak bersekat dengan ruang makan dan menerus ke teras belakang. Sisa ruang yang kecil memanjang di bagian belakang dimanfaatkan menjadi teras yang nyaman dengan water feature sepanjang dinding.
  • Atap teras belakang dibuat dari bahan polikarbonat yang transparan sehingga tetap bisa memasukkan cahaya alami dan ruangan menjadi terang.
  • Dinding void yang terletak tepat di atas ruang makan juga ditambahkan bukaan-bukaan berupa jendela kaca patri, untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke ruangan sekaligus memberi aksen dekoratif.
  • Kamar tidur utama awalnya memiliki sisi dinding dengan pintu dan jendela ke arah ruang belakang yang dimanfaatkan sebagai tempat jemuran. Kini, dirancang dengan rangkaian tiga unit pintu kaca transparan dengan engsel pivot, dan letaknya digeser ke bagian tengah dinding. Selain untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami dari ruang belakang, bukaan ini juga menghadirkan view menarik ke arah water feature yang asri.
  • Area servis di sisi samping rumah diperluas dengan mengambil sebagian lahan carport. Ruang dapur dimajukan ke arah depan hingga panjangnya 3,5 meter dan ruang gudang juga diperluas dengan panjang menjadi tiga meter.
  • Halaman depan rumah digarap dengan penataan lansekap berupa bentuk-bentuk lengkung agar selaras dengan nuansa klasik yang dihadirkan pada fasad rumah. Juga ditambahkan kandang anjing sesuai permintaaan penghuni.

Lantai Atas

  • Program ruang di lantai atas digeser peletakkannya sehingga didapat area yang lebih luas dan nyaman.
  • Kamar tidur kedua di bagian depan tengah ditarik ke samping sehingga berada di atas ruang keluarga dengan luasan 3 x 5 m2. Area tengah dialihfungsikan menjadi balkon.
  • Kamar tidur ke-1 yang letaknya di belakang diperluas panjangnya menjadi lima meter dan lebar 4,2 m. Balkon pada denah awal dihilangkan diubah menjadi kamar tidur untuk tamu seluas 4 x 3 m2 disejajarkan dengan balkon.
  • Dibuatkan juga kamar tidur ke-3 yang memiliki akses tangga langsung ke area servis. Kamar ini nantinya bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur pembantu.
  • Ruang menjemur pakaian ditempatkan di atas lantai dua dengan akses tangga melingkar.

 

Setelah Renovasi

Uraian Ukuran (m2)
Lantai 1  
Ruang Keluarga 15
Dapur 7
Gudang 6
Ruang Makan 12
Kamar Tidur utama 23,5
Kamar mandi  utama 6
WC tamu 2
Ruang Tamu 11
Teras 5,3
Sirkulasi dan Tangga 33,6
Total area lantai 1 121,4

 

 

Lantai 2  
Balkon 5,7
Kamar Tidur 1 21
Kamar Tidur 2 15
Kamar Tidur 3 12
Ruang. Baca 7,5
Kamar Mandi 4,5
Ruang Keluarga 14
Sirkulasi dan tangga 40,16
Total area lantai 2 114,16

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>