Simply White On White

Arsitek: Vincentius Hadi Sutjiadi
Desainer Interior: A2J (Ari, Ade, dan Julius)
Lokasi: Citraland City Samarinda, Kalimantan Timur
Tipe: Andover, Cluster Bloomingdale
Luas Tanah: 12 x 25 m2
Luas Bangunan: 305 m2
Fotografer: Susilo W.

Dominasi warna putih yang memberi kesan luas dan modern

Desain eksterior dan interior didominasi warna putih dan lembut yang memberi kesan luas.

Dalam banyak hal Jakarta masih menjadi acuan kota-kota lain di Indonesia, termasuk soal desain rumah. Kita bisa melihatnya pada rumah tipe Andover di cluster Bloomingdale, Citraland City Samarinda, Kalimantan Timur, ini. Rumah mengadopsi desain rumah yang sebelumnya sudah diterapkan di berbagai perumahan yang dikembangkan Ciputra Group dan developer lain di Jakarta dan sekitarnya.

“Kalimantan belum terbuka dengan gaya desain terkini. Dengan mengadopsi gaya desain itu di Samarinda, terbuka wacana baru yang sebelumnya belum ada,” kata  Andreas Raditya, Project Manager Citraland City Samarinda, mengenai alasan pemilihan desain tersebut. Perancang rumah dengan luas tanah 12 x 25 m2 dan bangunan 305 m2 ini Vincentius Hadi Sutjiadi yang pernah lama berkarir di Ciputra Group.

Arsitek yang enam tahun lalu membuka VHS Architects ini selalu berupaya memberikan solusi desain dengan fleksibilitas tinggi dan tepat, untuk memenuhi kebutuhan pasar secara umum. Ia juga selalu berupaya menciptakan tren agar desain rumahnya bisa menjadi trend setter. Di Puri Botanical Residence, Jakarta Barat, misalnya, ia menerapkan konsep desain new tropical modern yang kemudian menjadi ciri desainnya.

Memasukkan taman ke ruang dalam melalui aplikasi kaca-kaca besar

Desain itu pula yang kemudian diusung Vincen pada rumah ini. Rumah didesain bergaya modern tropis dengan memasukkan taman ke dalam rumah ditambah aplikasi kaca-kaca besar, guna mendapatkan pengudaraan yang baik (cross ventilation), view menarik dari dalam ruang, sekaligus cahaya alami pada siang hari yang hemat energi. Untuk memperkuat ciri itu ditambahkan juga aksen batu alam dan aplikasi warna-warna natural. Dia berpendapat, konsep tropis paling ideal diterapkan pada rumah di Indonesia. Yoenazh K Azhar

Efisiensi Ruang

Desain interior mengambil konsep modern dengan dominasi warna putih dan permainan kaca cermin, kecuali perabot dan aksen kamar tidur. Raditya menyebutnya simply white on white.

“Warna putih dan cermin itu memberi kesan modern dan luas pada ruang,” kata arsitek lulusan ITS Surabaya itu. Desain itu cocok untuk kalangan muda yang mulai mapan. Kendati begitu perancangnya A2J (Ari, Ade, dan Julius) tetap memasukkan nuansa tropis dalam desain, seperti terlihat pada aksen kayu dengan dekorasi bernuansa Kalimantan di ruang tamu dan kamar tidur.

Kamar di lantai mezanin, terang dengan cahaya alami

Rumah didesain 2,5 lantai dengan satu lantai mezanin untuk efisiensi ruang. Lantai satu sepenuhnya area bersama, area servis seperti dapur, dan ruang makan yang didesain menerus, plus kamar pembantu. Sedangkan lantai mezanin diisi kamar tidur tamu dan ruang keluarga.

Kamar tidur utama dengan aksen dekorasi bernuansa Kalimantan

Sementara lantai tiga untuk kamar tidur utama + dua kamar anak ditambah ruang keluarga. Material rumah dipilih yang terbaik. Penutup lantai granite tile, saniter Toto, cat Mowilex, dan penutup atap genteng flat Monier dengan rangka baja ringan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>