Fluid Green Efficient

Perpektif Depan (Night View)

Karya: Johanita Anggia Rini, Mario Lodeweik Lionar & Defri Kus Triyanto
Asal Kampus: Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
Luas Tanah: 90 m2
Keterangan: Juara I Sayembara Desain Rumah Ramah Lingkungan 2009

Memanfaatkan potensi alam dengan penataan ruang yang mengalir dan infrastruktur yang efisien.

Ide utama karya ini adalah menciptakan desain rumah yang tidak hanya bagus diaplikasikan pada rumah tunggal, tapi juga pada sebuah kawasan perumahan. Untuk merespon isu lingkungan, tiga mahasiswa semester delapan jurusan arsitektur UGM ini mendesain rumahnya dengan tiga konsep besar:  fluid, green dan efficient.

Fluid

Konsep ini diterjemahkan melalui penataan ruang utama (ruang makan dan ruang keluarga) secara mengalir (fluid) tanpa sekat. Dengan begitu kesan ruang menjadi lebih leluasa dan lebar. Ruang dalam dan ruang luar berupa inner courtyard (taman di dalam) di sisi samping juga dihadirkan seolah menyatu dengan penerapan bukaan-bukaan yang besar dan transparan. 

Green

Meskipun di lahan terbatas, rumah didesain agar tetap mendapatkan ruang terbuka hijau yang maksimum. Di antaranya dengan penciptaan inner courtyard di sisi samping rumah, front yard dan carport dengan lantai dari grass blocked. Area hijau itu tidak saja dirancang untuk kebutuhan rumah secara individual tetapi juga bermanfaat bagi lingkungan perumahan kelak. 

Denah lantai 1 (kiri), Denah lantai 2 (kanan)

Efficient

Rumah didesain agar sesuai dengan prinsip perumahan yang efisien. Perancangan area servis di setiap rumah dikelompokkan pada salah satu sisi yang sama dengan rumah di sebelahnya. Dengan demikian area basah seperti kamar mandi dan jalur sirkulasi seperti tangga antara dua rumah yang berdekatan bisa digabungkan. 

Tata letak

Aksonometri Lantai 1

Lantai dasar terdiri dari ruang terbuka hijau berupa inner coutyard, front yard dan carport dari grass blocked. Ruang interiornya berupa foyer, ruang utama (ruang makan dan ruang keluarga), dapur, tangga lavatory, tempat penyimpanan di bawah tangga. Ruang-ruang ini dilengkapi dengan front porch dan teras samping. Fokus utama lantai ini adalah kesatuan yang mengalir dari ruang-ruang utama, teras dan taman dalam (inner courtyard).

Aksonometri Lantai 2

Lantai dua terdiri dari kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, kamar mandi anak, ruang tangga, koridor dan area cuci jemur. Kamar tidur anak memiliki view langsung ke inner courtyard. Sementara kamar tidur utama mendapat dua view ke inner courtyard dan jalan di depan rumah melalui balkon. 

Aplikasi untuk rumah massal

Berdasarkan konsep efisien, rumah tunggal ini didesain dengan cermat sehingga area servis dan ruang hijau bisa bersisian dengan rumah di sebelahnya. Ini berarti tata letak infrastruktur bisa didesain lebih efisien, simpel dan terjangkau. Tata letak dari dua inner courtyard yang bersebelahan juga menguatkan efek jumlah ruang hijau yang optimal.

Skala kawasan

Tampilan tampak juga didesain agar bisa menghadirkan keserasian antar-rumah yang disusun dua-dua (kopel) menjadi satu kesatuan yang utuh. “Kata kunci perumahan menurut kami, adalah efisien. Itu sejalan dengan green. Apapun yang efisien itu tidak membuang banyak sumber daya. Karena itu kami bermain di green pasif, bukan green aktif seperti dengan solar cell. Jangan sampai dengan konsep green yang macam-macam kita malah dapat lebih sedikit dibanding yang kita keluarkan. Apa yang kita punya dari alam dimanfaatkan semaksimal mungkin,“ jelas Mario.

 

Komentar Juri 

Suyamat

“Desain ini sudah sangat-sangat bersifat developer. Ide kreatifnya bagus, green-nya kena, layak diaplikasikan oleh sebuah perusahaan developer.“

Denny Gondo

“Konsepnya mudah diaplikasikan untuk produk massal, cara mereka mengungkapkan apa yang ada di pikiran dan penerjemahan konsepnya ke desain bagus.”

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>